DAERAHNASIONALNEWSPENDIDIKANTEHNOLOGIUMUM

Mahasiswa KKN UNS Melakukan Pelatihan Disersifikasi Produk Berbasis Tanah Liat di Desa Wirun, Mojolaban.

Lintas1.com Kelompok 169 KKN UNS di bawah bimbingan Dr. Ir. Musyawaroh, M.T. selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), berkolaborasi dengan Riset Grup Arsitektur dan Lingkungan FT. UNS tahun 2023 yang berjudul “Pelatihan Diversifikasi Produk Berbahan Tanah Liat Di Desa Wirun Mojolaban Sukoharjo“ melakukan kegiatan pengembangan produk tanah liat di Desa Wirun.

Kegiatan ini merupakan upaya untuk mengembangkan perekonomian lokal dengan fokus pada penguatan potensi dan keterampilan masyarakat dalam menciptakan produk dari tanah liat. Desa Wirun kaya akan sumber daya tanah liat, tetapi belum sepenuhnya potensi ini dimanfaatkan secara maksimal. Program pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada warga Desa Wirun dalam mengolah dan menciptakan produk berbahan dasar tanah liat yang memiliki kualitas tinggi.

Kegiatan diawali dengan pengumpulan data dan observasi lapangan terhadap para pengrajin produk tanah liat di Desa Wirun. Tahapan ini menggunakan metode FGD (Focus Group Discussion), Shadowing, dan juga Wawancara kepada para pengrajin. Hasil dari pengumpulan data dan observasi ini dijadikan bahan untuk proses penelitian selanjutnya.

Setelah melakukan pengumpulan data, kelompok KKN 169 bersama Tim Riset Grup dan beberapa perwakilan warga dari Desa Wirun melakukan Studi Banding pada pengrajin bata tanah liat di Desa Karanggeneng Kecamatan Boyolali Kabupaten Boyolali. Pada kegiatan ini, seluruh Tim yang terlibat mendapat kesempatan untuk mempelajari proses produksi dari produk Bata Ekspos dan Bata Tempel.

Selanjutnya para perwakilan warga dari Desa Wirun diberi kesempatan untuk praktik mencetak bata di tempat produksinya langsung. Dari Proses pengumpulan data hingga studi banding, Tim KKN Menyusun materi untuk kegiatan pelatihan terbagi dalam 3 sesi. Setiap sesi memiliki tema yang berbeda.

Sesi pertama berjudul “Wujudkan Pemasaran Pengrajin Genting Wirun di Era Digital“, pelatihan pertama digelar pada tanggal 5 Agustus 2023. Kegiatan ini berfokus pada strategi pemasaran yang memanfaatkan teknologi yang ada pada saat ini salah satunya media sosial. Pelatihan ini memberikan strategi dan tata cara untuk mempromosikan produk melalui media sosial. Selain memberikan pelatihan, mahasiswa juga turut membantu membuat desain banner sebagai sarana promosi produk genting masyarakat Desa Wirun

Sesi kedua berjudul “Rencana Bisnis UMKM Penunjang Ekonomi Keluarga Pengrajin Genting“. Kegiatan ini digelar pada tanggal 19 Agustus 2023 dan didasari atas keinginan masyarakat untuk memiliki usaha lain di luar produk tanah liat, mengingat ketersediaan tanah liat semakin menipis dan berpengaruh pada jumlah produksi dari genting tanah liat yang diproduksi oleh para pengrajin sehingga masyarakat perlu memiliki usaha lain agar ekonomi keluarga tetap stabil. Pada pelatihan ini, Tim KKN mendatangkan narasumber yang memiliki pengalaman di bidang wirausaha. Target dari pelatihan ini merupakan ibu-ibu di Desa Wirun khususnya para istri dari pengrajin genting di Desa Wirun.

Sesi ketiga berjudul “Disersifikasi Produk Berbasis Tanah Liat“. Pelatihan ini digelar pada tanggal 20 Agustus 2023. Pada kesempatan ini Tim KKN memberikan pelatihan mengenai rencana bisnis produk bata tempel dan bata ekspos tanah liat. Pada kesempatan ini Tim KKN turut membantu masyarakat untuk membuat desain bata tempel dan bata ekspos khusus untuk pengrajin di Desa Wirun. Selain desain dari produk, masyarakat diberi sosisalisasi mengenai Desain Sentral Produksi Genteng Wirun. Rancangan tersebut bertujuan untuk memperluas dan meningkatkan keberadaan industri genteng dengan inovasi sistem dalam memproduksi produk genteng.

Dari serangkaian kegiatan tersebut diharapkan dapat membantu Masyarakat Desa Wirun untuk mengembangkan potensi yang ada di desa tersebut, khususnya pada produk tanah liat, sehingga produk yang dihasilkan memiliki kualitas yang semakin meningkat dengan sistem produksi yang berinovasi. (*/gun)

Penulis :
Caristha Hazelia Putri
Tegar Teladani
Erika Nur Septiani
Elton Jaime Guterres Faria de Sousa
Rut Gratia Kaisuku
Tiara Puspaditya Pramasari
Amalia Rizki Safitri
Vanessa Auxiliadora Luis da cruz Monteiro
Khairunnisa Fitriani Salsabila
Raden Ajeng Ayu Ghita Cahyaningrum

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *