DAERAHNEWSPENDIDIKANUMUM

STIE Atma Bhakti Surakarta laksanakan kegiatan Wisuda ke XXII tahun akademik 2022/2023


Lintas1.com Surakarta,24 Agustus 2023, STIE Atma Bhakti Surakarta melaksanakan kegiatan Wisuda ke XXII tahun akademik 2022/2023 di Gedung Saba Buana yang beralamatkan Jl. Letjen Suprapto No.80-B, Sumber, Kec.Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah 5713.

Kegiatan ini diikuti oleh 223 orang wisudawan, terdiri dari 14 mahasiswa akuntansi dan 209 mahasiswa manajemen. Lulusan terbaik akuntansi diraih oleh Eldha Frihmandika Nababa dengan nilai IPK sebesar 3,64, sedangkan lulusan terbaik manajemen diraih oleh Agillia Rahmanda Saputri dengan nilai IPK 3,72.

Jumlah wisuda sarjana sejak tahun berdiri yakni 1993 sampai sekarang sebanyak 4.018 lulusan. Studi rata-rata yang berasal dari SLTA adalah 4 tahun sedangkan yang berasal dari transfer DIII adalah 2 tahun.

Upacara yang diselenggarakan setiap tahun ini/ sebagai salah satu bagian yang tidak bisa terpisahkan dari
kehidupan suatu masyarakat akademis yang harus dilakukan untuk menunjukan bahwa seorang mahasiswa tersebut telah menyelesaikan tugas studinya.

Pada kesempatan ini kita jadikan momentum untuk melakukan evaluasi dan
koreksi terhadap semua yang telah kita lakukan dengan harapan agar masyarakat luas khususnya dunia usaha dapat
ikut berpatisipasi, melakukan sumbang saran/ bantuan ataupun kritik guna mendorong STIE Atma Bhakti dapat
melakukan tugasnya dengan baik/ dalam menghadapi tantangan menuju masa depan.

Untuk memenuhi tuntutan akan tersedianya lulusan yang siap kerja/ STIE Atma Bhakti selalu berusaha mengikuti
perkembangan yang terjadi dimasyarakat. Bentuk penyesuaian diri tersebut diaplikasikan dalam peningkatan mutu
pengelolaan organisasi, peningkatan implementasi kerjasama ditingkat nasional maupun internasional, peningkatan sarana dan prasarana, peningkatan kualitas SDM, berperan aktif dalam MBKM yang dicanangkan oleh
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek).

Meningkatkan mutu riset dan melakukan pengabdian kepada masyarakat sehingga STIE Atma Bhakti mampu menjadi rujukan bagi masyarakat yang membutuhkan.
Untuk mahasiswa kami berikan kesempatan seluas-luasnya untuk mengikuti berbagai kegiatan ditingkat nasional dan internasional, dalam bentuk student exchange, international conference, dan
international competition.

Alhamdulillah baru saja mahasiswa kami mendapat juara satu pada kompetisi
tingkat internasional dan saat ini kami sedang mempersiapkan kelengkapan berkas untuk kegiatan student exchange dan international competition ke Vietnam yang akan berangkat di bulan September 2023, dan kami optimis mahasiswa kami akan pulang membawa piala kejuaraan.

Saat ini STIE Atma Bhakti Surakarta telah menjalin kerjasama dengan berbagai lembaga ditingkat, regional, nasional dan international. Kami sebutkan
kerjasama dengan universitas Thailand yaitu Hatyai University, Rajamangala University, Songkla, Fathoni University.

Kerjasama dengan perguruan tinggi di Philiphina antara lain : System Plus College Foundation, Imus Institute of Science and Technology, Tarlac Agricultural University, Lyceum of the Philippines.

Kerjasama international dengan perguruan tinggi di Malaysia antara lain : IKMAS-Universiti Kebangsaan Malaysia, Hassan
First University, Morocco. Kami juga menjalin kerjasama dengan perguruan tinggi India dan Vietnam yang mungkin tidak bisa disebutkan satu persatu.

Berkaitan dengan MBKM, STIE Atma Bhakti memberikan kesempatan kepada seluruh mahasiswa untuk mengasah kemampuan sesuai bakat dan minat dengan terjun langsung ke dunia kerja. Saat ini, lebih dari 10% mahasiswa menjadi bagian MBKM yang diselenggarakan secara independen oleh STIE Atma Bhakti danprogram MSIB (Magang dan Studi Independen Bersertifikat) yang diselenggarakan oleh kampus merdeka Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Selain itu kita juga mempunyai program
unggulan yakni outbound training management dan studi kelayakan bisnis keberbagai industri dalam skala
nasional yang wajib diikuti mahasiswa Semoga ini semua akan menambah kompetensi lulusan agar lebih siap
dengan kebutuhan zaman serta menyiapkan lulusan sebagai pemimpin masa depan bangsa yang unggul dan berkepribadian.

Kami mengajak para wisudawan menyadari kenyataan-kenyataan yang dihadapi saat ini, menyadari prospek hari esok yang penuh tantangan dan penuh peluang, kesemua itu pada akhirnya saudara sendirilah yang akan menentukan/berhasil atau tidaknya memperoleh sukses dalam perjuangan kehidupan masyarakat.

Marilah kita sadari bahwa saat ini pesaing kita bukan hanya manusia, tetapi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI). Pada dunia industri, adanya kecerdasan buatan sangat membantu perusahaan dalam meningkatkan
produktivitasnya.

Namun di sisi lain, bagi tenaga kerja merupakan ancaman tersendiri, sehingga kita harus berjuang mengasah kompetensi dan terus meningkatkan keterampilan. Hari esok adalah hari yang dimiliki oleh mereka yang penuh kreatifitas, vitalitas kerja dan percaya diri, termasuk keberanian mengambil resiko, tanpa meninggalkan kaidah-kaidah etis.

Pada wisuda kali ini ada lulusan yang telah bekerja, baik di Instansi pemerintah maupun perusahaan swasta, bahkan banyak juga sebagai pengusaha semoga ijasah yang diperoleh dapat dimanfaatkan untuk peningkatan jenjang karir dan kemajuan usahanya. (*/gun)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *